Pemograman Prosedural?
Serangkaian tugas diselesaikan dalam bentuk fungsi atau prosedur.
Program adalah suatu urutan instruksi.
Programmer harus me-break down suatu problem menjadi sub problem yang lebih simple.
Fungsi dan prosedur menjadi fokus utama.
Fungsi dan prosedur digunakan untuk memanipulasi data.
Data bersifat pasif.
Penggunaan ulang fungsi dan prosedur yang sudah dibuat, harus mengkopi kode programnya
Apa itu OOP?
Paradigma pemrograman yang memandang sistem yang akan dibangun berdasarkan objek-objek yang terlibat dan interaksinya dalam sistem
Sistem dibangun dengan membuat objek-objek dan menginteraksikannya untuk menyelesaikan suatu pekerjaan
Fungsi dan data menjadi satu kesatuan yang disebut sebagai Object
Program adalah serangkaian object yang berinteraksi untuk menyelesaikan suatu problem.
Apa itu Object ?
Bila kita melihat dunia nyata kita dapat menemukan banyak benda disekitar kita seperti, mobil, kucing, manusia dan lain-lain.
Semua object memiliki state(attribute) dan behavior.
Jika kita melihat objek kucing, maka state (attribute) tersebut adalah nama, jenis, warna dan behavior(prilaku) tersebut adalah mengeong, bergoyang-goyang, berjalan.
Jika Anda membandingkan objek pada software dengan objek dunia nyata, mereka memiliki karakteristik yang sangat mirip.
Objek pada software juga memiliki state (Attribute) dan behavior, sebuah state pada objek software disimpan dalam bidang dan behavior ditunjukkan melalui method.
Jadi dalam pengembangan software, method beroperasi pada keadaan internal suatu objek dengan komunikasi objek ke objek dilakukan melalui method.
Karakteristik Object?
Setiap obyek memiliki status atau (state/fields/atribut/data)
Setiap obyek memiliki perilaku(behavior/method/fungsi/prosedur)
Contoh: obyek sepeda
- Memiliki state : kecepatan, putaran mesin, posisi gir, warna, jumlah roda.
- Memiliki behavior : mempercepat laju (accelerate), memperlambat laju (break), pindah gir, merubah warna
Apa itu Class?
Merupakan template untuk membuat obyek.
Merupakan prototipe / blue print yang mendefinisikan variable dan method secara umum.
Obyek (instances of class) merupakan hasil instansiasi dari suatu class, proses pembentukan obyek dari suatu class disebut dengan instantiation.
Objek-objek yang dibuat dari class yang sama mempunyai atribut dan method yang sama, namun nilainya bisa saja berbeda
Apa itu Atribut?
Definisi atribut : adalah data yang dimiliki objek dan membedakan antara obyek satu dengan yang lain.
Dalam class atribut disebut Variabel.
Contoh objek manusia mempunyai atribut: nama, tinggi badan, berat badan, warna kulit, jenis rambut, dll
Instance variable:
- Adalah atribut untuk tiap obyek dari class yang sama.
- Tiap obyek mempunyai dan menyimpan nilai atributnya sendiri.
- Jadi tiap obyek dari class yang sama boleh mempunyai nilai yang sama atau beda
Class variable:
- Adalah atribut untuk semua obyek yang dibuat dari class yang sama.
- Semua obyek mempunyai nilai atribut yang sama.
- Jadi semua obyek dari class yang sama mempunyai hanya satu nilai yang sama.
Apa itu Behavior?
Behavior / perilaku adalah hal-hal yang bisa dilakukan oleh obyek dari suatu class.
Behavior dapat digunakan untuk mengubah nilai atribut suatu obyek, menerima informasi dari obyek lain, dan mengirim informasi ke obyek lain untuk melakukan suatu tugas.
Dalam class, behavior disebut juga sebagai methods.
Contoh manusia memiliki perilaku: jalan, lari, duduk, menyapa, makan, dll.
Method: adalah suatu perintah dalam class yang berisi serangkaian instruksi untuk melakukan tugas tertentu.
Method dapat memiliki parameter ataupun tidak.
Pengertian Package?
Package berfungsi sebagai pengelompokan Class, Interface dan lain sebagainya yang berhubungan.
Selain itu Package juga memberikan Access Protection terhadap pengaksesan Class dari luar Package yang sama.
Untuk anda yang masih bingung anggaplah Package itu sebuah folder.
Pengertian Access Modifier?
Access Modifier adalah hak akses sebuah Class untuk mengakses atau menggunakan method, variable dari Class lain di package yang sama atau package yang berbeda.
Beberapa Access Modifier
Public -> Class dengan access modifier public dapat di akses oleh class lain baik yang berada dalam satu package maupun berbeda package.
Private -> Class dengan access modifier private tidak dapat di akses oleh class lain baik yang berada dalam satu package maupun beda package.
Protected -> Class dengan access modifier protected hanya dapat di akses oleh class turunannya.
Konsep Dasar OOP?
1. Enkapsulasi (Encapsulation)
Definisi enkapsulasi: Pembungkusan variabel dan method dalam sebuah obyek yang terlindungi serta menyediakan interface untuk mengakses variabel tersebut.
Variabel dan method yang dipunyai suatu obyek, bisa ditentukan hak aksesnya.
Contoh : ketika kita ingin mempercepat laju motor yg kita naiki, mk cukup kita tarik handlenya tanpa perlu tahu proses apa yg terjadi sehingga laju semakin cepat.
2. Pewarisan (Inheritance)
Pewarisan merupakan penurunan kemampuan (atribut dan method) dari sebuah class ke class lainnya. Pengembangan fitur sebuah class.
Class yang mewarisi -> superclass
Class yang diwarisi -> subclass
Subclass bisa berlaku sebagai superclass bagi class lainnya -> multilevel inheritance.
Contoh : sepeda ontel merupakan superclass dari sepeda motor
Keuntungan Pewarisan
- Subclass menyediakan state/behaviour yang spesifik yang membedakan dengan superclass memungkinkan programmer untuk menggunakan ulang source code dari superclass yang telah ada.
- Programmer dapat mendefinisikan superclass khusus yang bersifat generik, yang disebut abstract class, untuk mendefinisikan class dengan tingkah laku dan state secara secara umum.
Single VS Multiple
- C multiple inheritance Suatu class diperbolehkan untuk mempunyai lebih dari satu superclass. Variabel dan method yang diwariskan merupakan kombinasi dari superclass-nya.
- Java -> single inheritance Suatu class hanya boleh mempunyai satu superclass
- Dalam multilevel inheritance, suatu subclass bisa menjadi superclass bagi yang lain.
3. Polimorfisme
Artinya banyak bentuk, method dg nama sama, tetapi hasilnya berbeda.
Java Technology?
Official Site : http://java.sun.com
J2SE (Java 2 standard edition)
- Desktop Application
- Applet (Aplikasi Java di Browser)
J2ME (Java 2 Micro Edition)
- MIDlet Application/ Micro Devices App
J2EE (Java 2 Enterprise Edition)
- Web Application (JSP)
- Servlet Application
Editor Java?
Editor teks : notepad, vi, emacs
IDE java free : Netbeans IDE, Eclipse
IDE berlisensi : Borland Jbuilder, Visual Age
Program Hello?
class ClassName {
public static void main(String args[]) {
//isi program
}
}
class Hello {
public static void main(String args[]) {
System.out.println(“Hello Java World!”);
}
}
Kompilasi dan Run lewat CMD
Kompilasi dengan javac javac Hello.java
Running dengan java java Hello
Proses kompilasi dan Running?
TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA BLOG SAYA, SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR?
EmoticonEmoticon